LAHAN4D.COM

Minggu, 14 Februari 2016

Singkawang Jadi Puncak Cap Go Meh Terbesar

Singkawang Jadi Puncak Cap Go Meh Terbesar


Puncak perayaan Cap Go Meh paling meriah mendatang  bakal diramaikan pada 21-22 Februari 2016 di Singkawang, Kalimantan Barat. Kota ini selalu menjadi pusat perhatian turis karena terbesar dan menjadi terheboh.
Menpar Arief Yahya mengatakan dari tahun ke tahun, Singkawang sangat meriah, terutama prosesi tatung, orang yang ditusuk-tusuk wajahnya itu. Sementara karnaval Cap Go Meh di Glodok, Jakarta Barat juga akan ada persembahan ritual, senam tai chi, dan pentas budaya. Pawainya akan ada Joli Toa Pe Kong, mobil hias, cici dan koko, barongsai, liong, kie lin, marching band, ondel-ondel, tanjidor, sisingaan, rebana dan lainnya.
“Kalau Singkawang, panpel sudah menyiapkan sajian kesenian daerah dan kehebatan kota itu. Sebagai atraksi, kehebohan Singkawang ini bisa menjadi atraksi budaya yang tiada duanya di Asia. Kalau sudah dipromosikan, lalu akses menuju ke Singkawan makin banyak flight, bisa menjadi tontonan unik pasar Tiongkok,"


Konon, Kota Singkawang pada saat Cap Go Meh dipercaya menjadi pusat berkumpulnya para dewa. Setiap 15 hari setelah tahun baru Imlek, warga Tionghoa di seluruh dunia merayakan Cap Go Meh yang ditujukan sebagai penutup dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek. Budayanya sangat kuat. Orang datang ke Indonesia 60 persen karena culture, 35 persen nature dan sisanya man made 5 persen.


Deputi Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana, yang didampingi Asdep Asia Pasifik Vincensus Jemedu mengatakan, perayaan Cap Go Meh Singkawang diramaikan dengan pertunjukan barongsai, ular naga, choi lam shin atau keranjang jelangkung.  ”Yang paling istimewa adalah atraksi tatung,” katanya.
Wakil Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh 2016 di Singkawang, Bong Wui Khong, mengatakan pihaknya akan melakukan pendataan kembali jumlah tatung yang akan ditampilkan pada Festival tersebut. "Saat ini sedang melakukan pendataan tatung untuk tampil di acara Cap Go Meh 2016," kata Bong Wui Khong.

Kalau untuk tahun kemarin, katanya, ada empat ratusan tatung yang terdaftar. "Belum tahu untuk tahun sekarang, ini yang sedang kita data," tambahnya. Menurutnya, dari tahun ke tahun jumlah tatung selalu berubah-ubah. Jika memang memenuhi persyaratan, maka tatung tersebut bisa ditampilkan dan diberi santunan.
Karena, yang nantinya akan menikmati bukan hanya masyarakat Singkawang, tetapi wisatawan maupun mancanegara. Berdasarkan rapat yang digelarnya bersama Wali Kota dan Kapolres Singkawang, bahwa rute tatung akan dimulai dari Jalan Kalimantan.
Dia menambahkan, tahun 2016 ini, berdasarkan penanggalan kalender Tiongkok, merupakan tahun monyet. Monyet merupakan hewan yang sangat lincah, cerdas, dan banyak akal.
Di tahun monyet masyarakat Singkawang diharap semakin cerdas dalam menghadapi sesuatu. Serta lincah dan gesit dalam beraktivitas. "Kita semua bisa lebih sukses dan maju sesuai dengan sifatnya kera,"


Jangan Lupa Untuk 
Klik DI SINI ya... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar